Hari ini : 28 July 2014

Slideshow Obyek Wisata

Obyek Wisata Jakarta Timur Gallery Poto Jakarta Timur Peta Jakarta Timur

Ajang Pemilihan Abnon Jaktim 2011 Dibanjiri Peminat

Ajang Pemilihan Abnon Jaktim 2011 Dibanjiri Peminat

Ajang pemilihan Abang None (Abnon) Jakarta Timur 2011 dibanjiri peminat. Sejak pendaftaran dibuka 1 April hingga ditutup 20 Mei 2011, tercatat ada 302 peserta yang mengikuti seleksi, terdiri dari 87 pria (Abang) dan 215 wanita (None).

Tingginya minat muda-mudi Jakarta Timur mengikuti pemilihan Abnon ini tidak terlepas dari gencaranya sosialisasi yang dilakukan Sudin Pariwisata Jakarta Timur bersama para alumni Abnon. Selain melalui spanduk dan leaflet, sosialisasi juga dilakukan dengan menggelar roadshow di mal, pasar swalayan dan kampus-kampus yang ada di kota Jakarta.

“Animo generasi muda untuk mengikuti pemilihan Abnon Jakarta Timur tahun ini sangat tinggi, sedangkan pada tahun 2010 lalu hanya 214 orang yang mendaftar,” kata Kasudin Pariwisata Jakarta Timur Kris Irawan, saat acara pengarahan peserta pemilihan Abnon Jakarta Timur 2011, di Ruang Pola Kantor Walikota Jakarta Timur, Minggu (22/5).

Upaya lain yang dilakukan untuk menjaring peserta Abnon menurutnya dengan memberdayakan para Kepala Seksi Pariwisata yang ada di 10 kecamatan. “Cara ini sangat efektif, karena dapat langsung melakukan sosialisasi ke masyarakat hingga tingkat kelurahan,” kata Kris.

Adapun tahapan seleksi menurut Kris, yaitu berupa pengarahan yang dilanjutkan seleksi awal berupa psikotes, di Kantor Walikota Jakarta Timur, Minggu (22/5). Kemudian sesi publik speaking, di Arion Mall, Selasa (24/5) dan sehari kemudian, Rabu (25/5), dilakukan sesi interview yang digelar di Ruang Serba Guna Kantor Walikota Jakarta Timur.

“Untuk psikotes dari 302 peserta akan di cari sekitar 120 calon Abnon. Kemudian pada sesi public speaking akan diseleksi lagi menjadi 90 orang dan untuk interview akan diseleksi lagi menjadi 30 orang atau 15 pasang Abnon,” ujarnya.

Sebanyak 15 pasangan calon Abnon yang lolos tes interview tersebut, nantinya akan tampil di malam final pemilihan Abnon Jakarta Timur yang rencananya digelar di Sasono Langen Budoyo TMII, Rabu tanggal 15 Juni 2011. Namun sebelum tampil di malam final, para calon Abnon tersebut akan mendapatkan pembekalan, seperti materi koreografi, tari dan public speaking dari panitia pada tanggal 30 Mei-8 Juni 2011.

Selain itu para finalis juga akan melakukan ziarah ke makam pangeran Jayakarta, bakti sosial ke Panti Sosial Asuhan Putra Utama Cipayung dan kunjungan ke Kampung Artis Cipayung yang seluruhnya dilakukan tangal 9 Juni 2011. “Panitia juga akan menggelar malam keakraban pada tanggal 13 Juni 2011, di Function Hall Caping Gunung Restoran TMII. Selain para finalis kegiatan ini juga dihadiri para Dewan Juri dan para senior Abnon Jakarta Timur,” papar Kris.

Kris menambahkan, untuk tahun ini Dewan Juri Abnon Jakarta Timur 2011 terdiri dari lima orang yang memiliki latar belakang keilmuan dan pengetahuan yang berkompeten dibidang masing-masing. Mereka yaitu drs. Krisdianto, M.Si untuk materi pengetahuan umum dan pemerintahan; Dra. Farida Haryoko, M.Psi untuk materi psikologi, kepribadian dan etiket; Drs. Junaedhi Abas MM, untuk bidang kepariwisataan dan pemasaran; H. Suyoyo Muchtar untuk bidang sejarah dan kebudayaan Betawi dan Andara Riany Ayudini, ST untuk materi teknis penampilan, busana dan kemampuan berbahasa asing.

“Andara Riany Ayudini sendiri merupakan None Jakarta tahun 2007 yang berasal dari Jakarta Timur,” kata Kris.

Wakil Walikota Jakarta Timur Drs. H.R. Krisdianto, M.Si, mengaku sangat gembira melihat tingginya animo generasi muda mengikuti seleksi pemilihan Abnon Jakarta Timur 2011. Dirinya berharap, bila terpilih menjadi Abnon nanti dapat menjadi duta wisata Jakarta.

“Saya yakin kalian punya motivasi untuk mengikuti pemilihan ini, seperti ada yang ingin menjadi presenter bahkan artis film. Ada juga yang mau menambah rasa percaya diri atau pergaulan. Yang jelas tujuan ini semua adalah melestarikan budaya Betawi dan menjadi Duta Wisata bahkan Duta Kota,” kata Krisdianto, saat membuka seleksi pemilihan Abnon Jakarta Timur 2011.

Kris menambahkan, banyak pengetahuan dan manfaat dari proses pemilihan Abnon ini. “kalian akan banyak memperoleh manfaat dari proses pemilihan yang panjang maupun pembekalan dari berbagai ilmu dan aplikasi,” pesannya.

Untuk itu dirinya meminta, para peserta seleksi untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin, terutama pengetahuan umum tentang kota Jakarta dan pemerintahannya, serta bahasa asing.

“Diantara kalian pasti banyak yang tidak tahun kalau pendiri kota Jakarta yaitu Pangeran Jayakarta makamnya terletak di jakarta Timur tepatnya di Jatinegara Kaum dan pusat batu aji yang terkenal seantero dunia ada di Rawabening Jatinegara yang juga di jakarta Timur. Untuk itu asah kemampuan semaksimal mungkin dan selamat berkompetisi,” kata Wakil Walikota dihadapan calon Abnon yang hadiri. (Rodin Daulat/Kominfomas JT)

ditulis pada 10 August 2011 @ 2:24 AM oleh admin
INFORMASI TERKAIT

Pengumuman Hasil Seleksi Tahap 2 (Interview) Abnon Jakarta Timur 2012

ditulis pada 7 May 2012 @ 7:01 PM oleh admin

Pendaftaran Abnon Jakarta Timur 2013

ditulis pada 22 March 2013 @ 10:54 PM oleh admin

Formulir Pendaftaran Abnon Jakarta Timur 2012

ditulis pada 24 April 2012 @ 8:58 AM oleh admin

Pengumuman Finalis Abang None Jakarta Timur 2012

ditulis pada 15 May 2012 @ 11:04 AM oleh admin