Slideshow Obyek Wisata

Online : 1 user(s)
Hari ini : 103
Kemarin : 138
Total : 110.355

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan suatu kawasan wisata budaya di Jakarta. Di tengah-tengah TMII terdapat sebuah danau yang menggambarkan kepulauan Indonesia yang besar dalam bentuknya yang kecil.

Gagasan pembangunan suatu miniatur yang memuat kelengkapan Indonesia dengan segala isinya ini dicetuskan oleh Ibu Negara, Siti Hartinah, yang lebih dikenal dengan sebutan Ibu Tien Soeharto. Gagasan ini tercetus pada suatu pertemuan di Jalan Cendana no. 8 Jakarta pada tanggal 13 Maret 1970. Melalui miniatur ini diharapkan dapat membangkitkan rasa bangga dan rasa cinta tanah air pada seluruh bangsa Indonesia. Maka dimulailah suatu proyek yang disebut Proyek Miniatur Indonesia “Indonesia Indah”, yang dilaksanakan oleh Yayasan Harapan Kita.

Taman Mini Indonesia Indah

TMII mulai dibangun tahun 1972 dan diresmikan pada tanggal 20 April 1975. Berbagai aspek kekayaan alam dan budaya Indonesia sampai pemanfaatan teknologi modern diperagakan di areal seluas 150 hektar.

TMII memiliki logo yang pada intinya terdiri atas dua huruf I dan I. Kedua huruf ini mewakili nama “Indonesia Indah” sedangkan maskotnya berupa tokoh wayang Hanoman yang dinamakan NITRA (Anjani Putra). Maskot Taman Mini “Indonesia Indah” ini diresmikan penggunaannya oleh Ibu Tien Soeharto, bertepatan dengan dwi windu usia TMII, pada tahun 1991.

Di Indonesia, hampir setiap suku bangsa memiliki bentuk dan corak bangunan yang berbeda, bahkan tidak jarang satu suku bangsa memiliki lebih dari satu jenis bangunan tradisional. Bangunan atau arsitektur tradisional yang mereka buat selalu dilatarbelakangi oleh kondisi lingkungan dan kebudayaan yang dimiliki. Di TMII, gambaran tersebut diwujudkan melalui Anjungan Daerah, yang mewakili suku-suku bangsa yang berada di 33 propinsi Indonesia.

Di dalam kompleks Taman Mini Indonesia Indah ada beberapa obyek wisata, seperti:

a. Teater IMAX Keong Mas
Teater 3 dimensi dengan berbagai judul dan cerita menarik.

b. Museum Indonesia
Museum Indonesia terdiri dari tiga lantai, penuh ukiran relief yang menggambarkan epos Ramayana. Di dalamnya menggambarkan budaya Indonesia melalui manusia dan lingkungannya, manusia dan adat istiadat, transportasi serta manusia dan hasil karyanya.

c. Museum Keprajuritan
Untuk mewujudkan gambaran semangat oleh yudha keprajuritan bangsa Indonesia dalam menghadapi kolonialisme asing khususnya pada abad ke tujuh sampai ke sembilan belas, didirikanlah Museum Keprajuritan Indonesia. Gedung Museum Keprajuritan Indonesia dibangun dengan bentuk benteng bersegi lima, dikelilingi perairan yang melambangkan pertahanan bangsa dan cara menangkal segala bentuk ancaman.

d. Museum Prangko Indonesia
Sejarah perkembangan prangko sebagai kekuatan pengantaran surat dan berita dapat dilihat di Museum Prangko Indonesia. Bagaimana prangko pertama kali digunakan di Indonesia, dapat disimak dalam pameran ini, dapat dilihat juga perkembangan teknologi yang digunakan dalam pembuatan prangko.

e. Museum Pusaka
Museum Pusaka ini selain kegiatan peragaan dan pengelolaan sekitar 5.000 koleksi pusaka, yang kemungkinan besar akan terus bertambah, ada juga kegiatan perawatan (jamasan), bursa dan sarasehan yang dapat diikuti oleh masyarakat luas.

f. Museum Transportasi
Perkembangan dan peran transportasi di dunia dan Indonesia mempuyai sejarah sendiri. Bahwa transportasi dan perkembangannya memainkan peran penting dalam pembangunan, merupakan asas filsafat yang melandasi pembangunan Museum Transportasi di TMII.

g. Museum Listrik dan Energi Baru
Hemat energi adalah pedoman penggunaan energi yang tak terbarukan di masa kini. Museum Listrik dan Energi Baru menunjukkan makna pedoman ini, dan berfungsi sebagai media informasi serta pusat koleksi dan konservasi untuk kepentingan pendidikan.

h. Museum Telekomunikasi
Museum Telekomunikasi di TMII berada dalam gedung yang beratap kubah berwarna biru. Di halaman depan berdiri patung Gajah Mada yang sedang mengangkat pusaka keris ketika mengucapkan Sumpah Palapa. Adegan ini digunakan sebagai ciri museum komunikasi ini karena satelit komunikasi yang dimiliki Indonesia diberi nama “Palapa”, sesuai jiwa Sumpah Palapa.

i. Museum Penerangan
Sejak masa perjuangan kemerdekaan sampai kini. kegiatan penerangan merupakan peran yang sangat menentukan. Berbentuk segi lima, Museum ini mudah ditemukan karena di halaman depan ada lambang ANANTAKUPA akronim “api nan tak kunjung padam”, tekad kegiatan perjuangan penerangan di Indonesia.

j. Museum Olah Raga
Bentuknya unik, yaitu bola, yang dengan segera dapat ditebak bahwa bangunan ini berkaitan dengan olah raga. Inilah Museum Olah Raga di TMII. Museum ini dibangun dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya olah raga bagi kesehatan jasmani dan rohani.

k. Museum Asmat
Ibu Tien lah yang pertama mencetuskan gagasan adanya suatu tempat yang memamerkan hasil kerajinan dan karya seni Asmat. Museum ini dibangun di areal Taman Bunga Keong Mas TMII. Bentuk bangunannya asli Kariwari, suku Tobati Enggross yaitu mendiami pulau di Teluk Jayawijaya.

l. Museum Komodo
Gedung Museum Fauna Komodo dan taman Reptilia ini memiliki bentuk bangunan yang unik yaitu menyerupai biawak Komodo raksasa. Di dalam museum ini terdapat aneka peragaan yang berkaitan dengan fauna Indonesia. Sebagai cerminan kekayaan fauna Indonesia, beraneka jenis dan habitat satwa dan binatang lainnya dipamerkan di sini

m. Museum Serangga
Keanekaragaman serangga Indonesia, merupakan tema pameran dan peragaan yang ditampilkan di dalam museum ini. Di Indonesia, tidak kurang dari sekitar 250.000 jenis serangga hidup di dalam dan diatas tanah. di dalam dan di atas tumbuhan. hewan dan bahkan manusia. Memang ada yang merusak tetapi tidak kalah jumlahnya yang mengasyikkan. Ada yang indah. ada yang aneh. Ada yang sangat kecil, dan ada pula yang sangat besar. Ini semuanya dapat dilihat di Museum Serangga TMII terutama kumbang dan kupu-kupu yang sangat berwarna-warni, dan kelompok serangga menarik lainnya.

n. Pusat Peragaan IPTEK
Ilmu pengetahuan merupakan fondasi bagi teknologi, sedangkan teknologi adalah tulang punggung pembangunan. Ilmu pengetahuan dan teknologi atau IPTEK merupakan segi yang tidak dapat dikesampingkan dari kehidupan dan kesejahteraan manusia. Gedung ini diresmikan pada tanggal 10 November 1995 diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia

o. Museum Minyak dan Gas Bumi
Pembangunan museum ini berawal dari peringatan seratus tahun usaha pertambangan minyak dan gas bumi di indonesia. Bangunan utama yang dapat dilihat ialah anjungan lepas pantai, ciri khas pencarian minyak dan gas bumi, yang juga akan menjadi ajang utama penjelajahan minyak dan gas bumi di masa datang.

Buka pkl. 08.00 – 17.00 WIB, kecuali hari Senin Libur
Tlp. 021 – 840 3400

ditulis pada 10 August 2011 @ 1:00 AM oleh admin
INFORMASI TERKAIT

Pusat Perbelanjaan dan Pasar Tradisional

ditulis pada @ 12:20 AM oleh admin

Taman Anggrek Indonesia Permai

ditulis pada @ 12:29 AM oleh admin

Lapangan Golf dan Driving Range

ditulis pada 9 August 2011 @ 11:53 PM oleh admin

Monumen Pahlawan Revolusi (Pancasila Sakti)

ditulis pada 10 August 2011 @ 12:58 AM oleh admin

Makam Pangeran Jayakarta dan Masjid Assalafiyah

ditulis pada @ 12:56 AM oleh admin